City Tour Bersama XL di acara XL Tuntaskan Modernisasi Jaringan Jateng dan DIY

    Bertempat di Hotel Gumaya, Semarang, pada hari Senin 16 Desember 2013 salah satu provider telepon genggam yaitu XL dibawah naungan PT. XL Axiata TBK mengadakan acara syukuran karena telah berhasil menuntaskan proses modernisasi jaringan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. 
    
    Siapa yang tidak kenal XL? XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia dan mulai beroperasi secara komersil sejak 8 Oktober 1996. XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL juga telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. 

    Pada April 2013, XL mulai melakukan modernisasi jaringan di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Proses ini dimulai dari Solo kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan di kedua provinsi tersebut. Proses modernisasi ini berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimasi jaringan. Hal ini dilakukan agar XL tetap menjadi yang terdepan dalam layanan telekomunikasi, terutama layanan data. Pada modernisasi jaringan ini diterapkan teknologi penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah "Single RAN atau Single Radio Access Network". Keuntungan penerapan teknologi ini adalah hemat listrik hingga 70%, penggunaaan ruangan yang semakin kecil serta pengoperasian yang semakin mudah. Terdapat 750 RBS (Radio Base Station) 2G eksisting serta mengganti 1080 RBS 3G lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya.

  
    Dalam acara syukuran ini XL mengundang awak media cetak maupun elektronik juga teman-teman dari komunitas blogger di Semarang. Saya bersama teman-teman dari IIDN Semarang merupakan salah satu komunitas yang diundang untuk mengikuti acara tersebut.

     Acara diawali dengan city tour untuk uji jaringan dipandu team Network XL. Peserta terbagi dalam 2 bus, satu bus berisi awak media dan satunya lagi berisi teman-teman blogger. Di atas bus para peserta diberi gambaran jaringan XL di sepanjang jalan yang dilalui melalui layar TV yang ada di bus juga pemutaran video melalui YouTube tanpa ada buffering. Dengan kata lain bahwa jaringan XL sangat stabil di jalan-jalan protokol yang kami lalui seperti di Jalan Gajahmada, bunderan Simpang Lima, MT. Haryono, Kawasan Kota Lama (Jl. Mpu Tantular, Stasiun Tawang, Cendrawasih, Soeprapto, Gereja Blenduk, Kantor Pos Besar Johar), Pemuda, Bunderan Tugu Muda, Pandanaran, Pahlawan, Veteran, Kyai Saleh, Thamrin dan DI Panjaitan. Seperti yang bisa kita lihat dalam layar ponsel ini :


Di dalam bus juga dilakukan sesi tanya jawab. Karena sebagai konsumen/pengguna jasa maka pertanyaan yang diajukan berhubungan dengan masalah sinyal telepon selular. Seperti sinyal ponsel penuh tetapi suara putus-putus, atau dekat BTS tetapi ketika akan melakukan koneksi dengan internet berjalan lambat. Hal-hal tersebut bisa dikarenakan adanya gedung tinggi, pohon rindang maupun kontur tanah yang berbukit-bukit sehingga menghalangi laju sinyal.

Penjelasan dari Team Network XL

     Kurang lebih 1 jam keliling kota Semarang, kami kembali ke Hotel Gumaya. Acara selanjutnya adalah penjelasan mengenai program modernisasi oleh Vice President Project Management Officer XL, Bapak Agus Simorangkir.

Mr. Agus Simorangkir memberi penjelasan

Turut hadir dalam acara ini adalah Vice President XL Central Region, Bapak Nuruddin Al Fithroh dan perwakilan pelaksana proyek yaitu Head Of Customer Operation Ericsson Indonesia, Bapak Erwin Kurniawan.

     Diakhir acara ditandai pemotongan tumpeng disertai doa bersama sebagai rasa syukur atas selesainya proyek yang dikerjakan sesuai dengan jadwal sekaligus mengantisipasi lonjakan trafik pada libur Natal 2013 dan Tahun Baru 2014. Juga penyerahan secara simbolis bantuan kepada sebuah Panti  Asuhan sebagai wujud kepedulian XL terhadap sesama atau biasa kita kenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR).


Pemotongan tumpeng


Foto Bersama dengan anak-anak Panti Asuhan

Acara telah usai maju terus untuk XL Indonesia, semoga selalu menjadi yang terdepan dalam layanan.

 

Komentar

  1. eh, @dotsemarang ikut ngga Mbaa'' ? kok ngga ada info di FB, hehe..

    salam - Ismail

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut mas....
      Asmari datang kok.
      Ada komunitas blogger lain kayak android semarang, lopen (eh nulise piye yo...?) dll

      Hapus
  2. laporan langsung dari semarang.
    dari jogja juga ada mbak di post saya berikut:

    http://nuzululku.wordpress.com/2013/12/25/xl-xjuta-aksi-berbagi-peduli/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah tinggalkan jejak disana ya....hehehehe....

      Hapus
  3. Balasan
    1. sesuai instruksi ibu reporter.... :D

      Hapus
  4. sudah lama saya tidak menggunakan XL...karena pelayanan paketnya sering gonta ganti jadi membingungkan...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak Haryanto sudah berkunjung ke rumah saya....salam dari Semarang, happy blogging.... :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matur Sembah Nuwun Gusti

Berburu Sunrise Di Lereng Gunung Ungaran

Kofinary Espresso Bar, Tidak Sekedar Ngopi