Photo Walk Bersama Ngiderngiler.com

Dear Blogger,

     Hari Sabtu, 22 Februari yang lalu saya jalan-jalan keliling kota Semarang, sambil menikmati makanan khas Jawa, tidak semua jenis makanan sih hehehe.... dan sambil motret tentunya.
     
     Acara ini diadakan oleh Ngiderngiler.com bekerja sama google+. Ngiderngiler.com adalah sebuah situs yang berisi tentang dunia makanan dan wisata jalan-jalan yang dikemas dengan bahasa yang santai, dengan tag line "All About Food and Travel". Pas banget kan dengan nama situsnya... :D . Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi situsnya di www.ngiderngiler.com atau bisa follow akun twitternya @NGIDERNGILER .


   H-2 atau dua hari sebelum acara dimulai para peserta sudah dihubungi melalui telepon untuk konfirmasi keikutsertaannya. Salah seorang teman, mention saya distatus fb kalau dia sudah dihubungi pihak penyelenggara. Sampai hari Jumat atau H-1 tidak ada yang menghubungi saya. Ya sudahlah, hopeless. Kemudian saya iseng memberi komentar di akun Ngiderngiler.com yang ada di g+, ehh modus. Setelah itu salah seorang tim Ngiderngiler.com menghubungi saya kalau saya terpilih menjadi salah seorang peserta....horeee *jingkrakjingkrak.

     Tepat jam 7 sesuai dengan undangan, saya dan teman saya sudah sampai di lokasi meeting point yaitu di RM. Nglaras Rasa Jl. Thamrin 126 Semarang. Dipilihnya RM. Nglaras Rasa karena rumah makan ini menyajikan makanan khas Indonesia. RM. Nglaras Rasa telah berdiri sejak tahun 1965 dan merupakan yang tertua di Semarang.

     Setelah para peserta melakukan registrasi ulang, panitia menyediakan sarapan untuk seluruh peserta. Tahu juga yah panitianya kalau kita dari rumah belum pada sarapan hahaha.... Tentunya agar nanti ketika jalan-jalan atau ngider dalam bahasa Jawa bisa tetap semangat :D.

     Ada dua menu sarapan yang bisa dipilih gudeg atau bubur. Sila dipilih sesuai selera kamu ya.... hehehe...

Gugeg khas Jogja ini adalah salah satu andalan RM. Nglaras Rasa sebagai rumah makan yang menyediakan masakan khas Indonesia. Yang suka sarapan nasi, suguhan gudeg sangat pas di lidah, tetapi yang tidak suka masakan manis pasti merasakan gudegnya terlalu manis, hmmm tapi enak kok, apalagi kalau gratis begini.... :D


Yang tidak suka nasi, ada menu sarapan bubur atau di sebagian daerah lain seperti di Jogja, Solo dan Wonosobo menyebutnya jenang. Ada 3 macam jenang yang bisa dipilih, yaitu sumsum (dalam foto di atas warnanya putih), candil (coklat) dan mutiara (warna merah). Sebenarnya sih penyajiannya sendiri-sendiri tidak dicampur seperti foto saya di atas, itu sih rekaan saya saja... :D

     Sambil sarapan, brifing sebentar mengenai photo walk yang akan dilaksanakan juga pembagian bus sesuai nomer urut peserta yang disesuaikan dengan abjad. Venue-venue yang akan dikunjungi merupakan ikon kota Semarang yaitu Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah dan Kawasan Kota Lama. Saya terpilih untuk menumpang di bus 1. Seluruh peserta terbagi dalam dua bus, jumlah peserta keseluruhan sekitar 100 orang. Wow banyak banget ya.... Dan ada satu bus kecil yang diperuntukkan bagi team ngidengiler.com dan liason officer. Bus pertama dan kedua mengunjungi tempat yang sama tetapi dengan waktu yang berbeda.

Peserta saat berada dalam bus

     Jam 9 lebih sedikit ngider dimulai. Bus yang saya tumpangi mengunjungi Lawang Sewu terlebih dahulu. Lawang Sewu adalah sebuah gedung yang saat ini menjadi salah satu ikon kota Semarang dibangun pada tahun 1904 dan merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). NIS adalah Kantor Perusahaan Kereta Api Swasta pada jaman kolonial Belanda. Disebut Lawang Sewu oleh masyarakat karena gedung ini memiliki banyak pintu dan jendela-jendela yang besar menyerupai pintu.

Foto lain dari Lawang Sewu bisa klik disini

     Kurang lebih 45 menit kami berkeliling Lawang Sewu. Oiya sebenarnya saya ketinggalan rombongan, jadi saya dan teman saya berkeliling sendiri tanpa ada guide, hehehe....  

     Venue selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai tahun 2006. Pada 14 November 2006 MAJT diresmikan oleh Presiden SBY. Banyak spot foto yang bisa dihasilkan di sini, apalagi yang jeli dengan dunia fotografi. Saya sih bukan fotografer jadi hanya sekedar potret sana, potret sini... :D


MAJT tampak depan

     Peserta diberi waktu 45 menit juga untuk mengelilingi MAJT, ambil foto dan unggah di acara Ngiderngiler di g+ . Yup, di acara ini memang para peserta diwajibkan untuk mengambil foto sebanyak mungkin yang kemudian diunggah di event Ngiderngiler yang ada di g+. Diakhir acara akan diambil dua foto terbaik menurut team Ngiderngiler.com untuk mendapatkan hadiah.

Peserta Foto Bersama


      Tempat ketiga atau yangbterakhir kami kunjungi adalah Kawasan Kota Lama Semarang. Peserta diberi waktu 45 menit untuk berkeliling kawasan kota lama dan mengambil foto. Tak lebih dari 15 menit, hujan mengguyur. Yaaa.... para peserta kecewa :(. Belum bisa sepenuhnya meng-explore kota lama dan hanya beberapa object untuk foto yang bisa diambil.   


Di gedung ini, terdapat lift yang pertama di Indonesia
     Gedung Asuransi Jiwasraya yang kita kenal sekarang ini, dahulu merupakan kantor asuransi yang dibangun Belanda dengan nama Nederlandsch Indische LevenSverzeking De Lifrente Maatschaapij (NILLMIJ). Gedung ini berdiri pada tahun 1916 dan merupakan gedung dengan fasilitas modern yang pertama di Indonesia. Disebut modern karena terdapat lift yang pertama di Indonesia. Tetapi sayang lift tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi.
 

  
Gereja Blenduk
     Gereja Blenduk/Blendug merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah. Gereja ini dibangun oleh masyarakat Belanda yang tinggal di Semarang pada tahun 1753.
      

     Hujan yang mengguyur siang itu membawa kami ke meeting point kembali yaitu di RM. Nglaras Rasa. Di rumah makan tersebut menu makan siang telah disediakan secara buffet untuk para peserta. Ada banyak pilihan sayuran dan lauk-pauk. Pecel, cah brokoli ayam jamur, cah sawi sendok, tong seng, sambal goreng, mie, ayam goreng mentega, sapi asam manis, opor dan lain-lain. Maaf tidak hapal, lagian ketika mau mengambil makan siang saya sudah pada habis sih...tinggal sisa-sisa saja... :D . 



      Sambil menikmati makan siang serta live music di lantai 2 RM. Nglaras Rasa, diumumkanlah pemenang foto terbaik yang sudah diunggah di event akun Ngiderngiler.com di g+, dan pemenang photo walk adalah......jreng-jreng..... 
Yup, ini nih fotonya, keren kan?

Foto pinjam dari sini


Selamat kepada pemenang. Yang tidak menang, seperti saya cukup bawa pulang goodie bag dan hati senang sudah diajak ngider dan menikmati makanan yang bikin ngiler. Terima kasih Ngiderngiler.com dan google+ :)



Sampai ketemu di acara lain.... :D


Warm Regards,
inung

Komentar

  1. helowww mba Inung blognya okay kok, gak ada tampilan link yang error :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alowww juga mbak Christanty.... :)
      ooo nggak ada yah....kalau dilihat ditampilanku masih ada ik...., coba ntar tak periksa lagi.

      Terima kasih mbak sudah berkunjung.... :)

      Hapus
  2. reportse-nya sangat komplit mbak.. kayak mie ayam.. sayang kemrin mau gabung malah ada kegiatan mendadak ... wah sedih bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh jadi pingin mie ayam nih....hahaha...
      Yang ikutan banyakan nasih unyu-unyu....saya berasa paling tua deh....hehehe

      Terima kasih Pak Darto Iwan ... :)

      Hapus
  3. aisshhh...baca postingan ini bikin aku mewek gara2 gak jadi ikut :'(

    fotomu keren keren lho Nung, kapan2 pinjem donk fotonya buat bikin kartu pos, tingkiuuu sblmnya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. *pukpukpuk....

      ntar aku pesenin juga ya kartu posnya.... :D

      Hapus
  4. ho'oh kagak ada tampilan spt yg kamu maksud.
    Bener2 deh ngidernya bikin ngiler ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh berarti halusinasiku aja ya mbak Wati.... :D

      Hapus
    2. Iya bener..
      halusinasinya mbak aja.. :)

      Hapus
    3. hehehe....brosingku yang trouble kayaknya mas Abdur Rosyid.
      Tengkyuu ya sudah mampir... :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Thank you Ngider Ngiler.... please inform me if there is any event again :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matur Sembah Nuwun Gusti

Berburu Sunrise Di Lereng Gunung Ungaran

Kofinary Espresso Bar, Tidak Sekedar Ngopi