Menu Andalan Saat Berbuka Puasa



Dear Blogger….

Selamat sore, tak terasa sudah menginjak hari ke-8 puasa Ramadhan kali ini. Bagaimana puasa kamu sampai hari ini…? Semoga tetap lancar dan selalu dalam lindungan dan berkah dari Allah SWT, aamiin.
Kalau saya baru hari ke-2 nih….xixixixi…biasalah perempuan….:D

Rencana hari ini mau buka puasa apa nih dear blogger…? Pasti sudah menyiapkan hidangan yang enak-enak ya….ada kolak pisang, kolak waloh/labu, setup pisang, sup buah, atau ada yang cukup dengan teh hangat atau es teh saja….wohhh yummy banget ya….Tak lupa pasti gorengan yah sebagai teman saat berbuka…ada martabak, mendoan, tahu petis….woww khas Semarang banget tahu petis gitu lhoh…
Iya deh pasti sesuai selera teman-teman blogger yah… Seperti apa selera kamu…? Yukss saling share….:D


Beberapa menu favorit saat berbuka puasa :
1. Kolak Pisang

Photo pinjam dari sini
Pasti dari teman-teman blogger sudah tidak asing dengan makanan khas saat puasa ini. Yup kolak pisang menjadi salah satu menu andalan bahkan wajib saat berbuka puasa. Dibuat dari pisang, biasanya pisang kepok yang dipakai dimasak dengan santan dan gula jawa. Ada juga yang menambahkan kolang-kaling dan ketela rambat.

2. Sup Buah

Photo masih pinjam nih,....dari sini
Wow seger banget yah.... Sup buah terdiri dari beberapa macam buah seperti apel, pear, semangka, melon, anggur, nanas, nangka, alpukat dan buah lainnya sesuai selera ataupun apa yang ada di kulkas masing-masing bila membuat sendiri, tetapi bila membeli tentu sesuai selera penjual dong ya...hehehe...
Sup buah dibuat dari campuran air ditambah gula dan daun pandan yang dimasak hingga matang, kemudian bila telah dingin buah-buahan tersebut dimasukkan ke dalam campuran air tadi dan sup buah siap dihidangkan. Ditambah es bila suka minuman dingin.


Sebagai anak kos untuk berbuka puasa biasanya saya hanya menyediakan segelas teh hangat, kurma dan gorengan seadanya. Kadang-kadang ada kolak atau sop buah. Untuk gorengan dan kolak/sop buahnya sudah pasti belilah….xixixixi…
Menu di atas sepertinya sudah wajib bagi saya…kalau tidak minum teh hangat serasa hampa…..#galau man….;)

Photo pinjam dari sini
Pilihan kudapan saat berbuka:
1. Mendoan
Untuk gorengannya saya lebih suka mendoan, hmmmm yummy banget yah...apalagi dimakan dengan lombok rawit....*huhh pedes

Photo pinjam juga nih....pinjam di halo semarang
Mendoan dibuat dari irisan tempe ataupun tempe yang sudah dicetak khusus untuk mendoan, digorengnya dengan tepung yang sudah dibumbui dengan racikan bumbu untuk mendoan, warna kuning dihasilkan dari kunyit sebagai campuran bumbu.

2. Bakwan 
Selain mendoan, saya juga suka bakwan, bakwan sayur maupun bakwan jagung.

Photo koleksi pribadi
Bakwan dibuat dari tepung yang dibumbui dicampur dengan sayuran seperti kol, kecambah dan wortel ditambah telur agar tidak keras sekali hasilnya setelah digoreng. Bakwan jagung juga hampir sama, hanya sayurannya diganti dengan jagung manis muda.

3. Tahu Petis
Pilihan lain ada tahu petis, jangan ngaku wong Semarang kalau tidak suka tahu petis....

Tahunya pinjam di detik food
Tahu petis ini dibuat dari tahu putih yang digoreng dengan minyak yang banyak sehingga tahunya bisa mengembang, kemudian setelah diangkat dari penggorengan diberi petis. Petis dibuat dari udang yang dimasak hingga kental seperti saus yang kemudian diberi gula jawa sehingga rasanya sedikit manis.
Menu atau kudapan di atas biasanya saya makan pada saat berbuka puasa tiba atau sebelum sholat maghrib, setelah sholat maghrib baru deh makan besar atau makan dengan menu nasi komplit sayur dan lauknya.
Samakah dengan menu kalian blogger?

Tetapi menu tersebut sudah tidak saya nikmati lagi, terakhir setahun yang lalu…. Tahun ini menu berbuka saya berbeda, karena mulai puasa tahun ini saya menerapkan food combining dalam menu untuk buka maupun sahur. Seperti apa menu food combining saya…? Mungkin saya share lain kali saja ya….karena saya baru menerapkan dua hari ini, karena saya kan baru dua hari ini berpuasa dan buka puasanya juga baru sekali kemarin hehehe… Mungkin setelah satu minggu saya bisa bercerita perbedaan antara menu buka biasa dengan menu food combining. Untuk food combining sehari-hari baru saja saya jalankan sejak Februari 2013 lalu walaupun masih setengah-setengah….hehehe… 

Selamat berpuasa teman-teman blogger, semoga puasanya tetap lancar dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT, aamiin YRA.


Semarang, 17 Juli 2013

Warm Regards,
inung

Komentar

  1. aseeekk...tulisannya seger Nung

    Seandainya aku tak tau dari mana kota asalmu, satu hal bisa disimpulkan dari aneka deskripsi makanan di atas : Inung bukan orang Semarang. Kenapa? ya karena gak ada orang Semarang tulen yg nyebut bakwan sayur seperti itu, pasti bilangnya "badak" hehehee.... sekilas info :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiyo ding say....hahahaha konangan.....
      matur nuwun koreksinya.....aku ki wingi ngiling2 opo sih sebutane bakwan dan blank...xixixixi...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matur Sembah Nuwun Gusti

Berburu Sunrise Di Lereng Gunung Ungaran

Kofinary Espresso Bar, Tidak Sekedar Ngopi