Semarang Nol Kilometer

KM 0 atau kilometer nol atau nol kilometer biasa digunakan sebagai titik pusat suatu daerah atau kota atau bahkan Negara dimana hitungan jarak itu berawal.  


KM 0 Indonesia bukan terletak di Jakarta sebagai Ibu Kota Negara Indonesia, tetapi terletak di Pulau Weh. Di Pulau Weh ini terdapat Monumen Kilometer Nol sebagai tanda bahwa Nol Kilometer Indonesia ada di Pulau tersebut. Monumen atau tugu tersebut terletak di Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya. Sabang dikenal sebagai kota paling barat kepulauan Indonesia.


Bagaimana dengan di Semarang. Dimanakah letak titik 0 Kilometer Kota Semarang? Di Simpang Lima. Iyaaappp…..bukan. Saya dulu mengira juga titik nol kilometer kota Semarang ada di Simpang Lima, tetapi saya cari-cari tandanya juga tidak ketemu :D Di Tugu Muda ya...? Hmmmm.....masih salah juga. Terus dimana? Saya mendapat info kalau titik KM 0 Semarang ada di Kantor Pos Besar Johar. Lagi-lagi saya juga tidak menemukan tugu sebagai penanda.



Lantas disebelah manakah letak tepatnya? Letak titik 0 kilometer Semarang memang ada di sekitar Kantor Pos Besar tepatnya disebuah taman di depan gedung Pakpak atau Gedung Keuangan. Sebagai penanda didirikan tugu ditaman tersebut. Tetapi sayang tugunya hanya setinggi kurang lebih satu meter, jadi banyak orang yang tidak tahu. Mungkin tidak penting ya…tetapi paling tidak kita jadi tahu bahwa KM 0 Semarang  terletak tepat disana.

Semarang Nol Kilometer


Komentar

  1. Aku baru ngeh klo ada tugu itu pas naik semarjawi kmr mbak padahal tiap hri lewat lo ternyata itu titik 0 nya ya hihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baru ngeh pas jalan2 ma teman-teman menyusuri kota lama, start dari Sri Ratu :D
      Kalo nggak gitu nggak mudheng ada dimana....hehehe

      Hapus
  2. Katanya memang kantor pos besar adalah nol kilometernya tiap-tiap kota di Indonesia ya, mak Inung... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang banyakan gitu sih mbak...tapi nggak semuanya sih.
      Kodepos awal juga banyakan berawal dari Kantor Pos.

      Hapus
  3. itu fungsinya apa ya mba nung? Buat nandain bener-benar pusat kota ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makdew, tugu nol kilometer digunakan sebagai penanda pusat kota. Biasanya dekat dengan kantor pos, tidak semuanya sih. Kalo untuk Semarang dekat dengan kantor pos karena dulu pemerintah kolonial mengacu pada kota-kota di Eropa yang titik 0 KM berada di dekat Kantor Pos.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matur Sembah Nuwun Gusti

Berburu Sunrise Di Lereng Gunung Ungaran

Extro Electronik Pest Repeller by Tissor, Alat Pengusir Tikus Yang Ampuh