Keliling Kota Lama Dengan Semarjawi

Dear Blogger,

Kamu sedang jalan-jalan di Semarang? Jangan lupa mampir ke Kawasan Kota Lama Semarang. Kota lama yang dijuluki Little Netherlands ini menyimpan banyak kenangan peninggalan masa lampau, terutama pada masa kolonial Belanda

Di kota lama ini kita juga dapat menjumpai banyak gedung-gedung tua yang masih difungsikan, yang berusia lebih dari 2 abad. Gedung-gedung tersebut antara lain Gereja Blenduk,  Gedung Marba,  Gedung Jiwasraya, Pabrik Rokok Praoe Lajar,  Gereja Gedangan dan lain-lain. 


Ada yang menarik di Gedung Jiwasraya rancangan arsitek Thomas Kartsen ini. Di gedung ini terdapat lift/elevator pertama di Indonesia. Woww betapa menakjubkan. Ternyata Semarang kerennn sejak dulu :)

Ada lagi Gedung Marabunta, yang di depan bagian atas gedungnya terdapat 2 patung semut. Gedung ini merupakan gedung seni pertunjukan yang dibangun pada tahun 1864.

Untuk saat ini, bagi kamu yang ingin keliling kota lama dan tidak biasa jalan jauh ada bustram Semarjawi. Kamu bisa melihat keindahan kota lama dari atas bustram. Jadi nggak capek kan?

Bus tingkat (double deck) ini diresmikan penggunaannya oleh Walikota Semarang Bapak Hendrar Prihadi pada 28 Oktober 2014 lalu. Semarjawi merupakan singkatan dari Semarang Jalan-jalan Wisata. Dengan harapan Semarang menjadi destinasi wisata yang diminati.


Rencana awal akan berkeliling tempat-tempat wisata seperti Kota Lama, Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Pandanaran, Simpang Lima dan beberapa lokasi Wisata lainnya di Semarang. Tetapi pada kenyataannya untuk saat ini hanya mengelilingi Kota Lama saja.

Bustram adalah hibah dari suatu perusahaan provider sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) ini, sekarang bisa digunakan untuk umum. Awalnya masyarakat umum yang ingin naik Semarjawi tidak dikenakan biaya. Tetapi pihak pengelola bus akhirnya mengenakan tarif, yaitu untuk pemeliharaan bus itu sendiri dan tentu saja untuk jasa pengemudi dan pemandu wisata bus tersebut.

Pembelian tiket untuk naik bus wisata ini dapat dilakukan secara online melalui official website Semarjawi www.Semarjawi.com atau bisa beli langsung di help desk di Retro Cafe Kota Lama Semarang.
Jadwal beroperasi bustram ini setiap hari Selasa Jumat jam 18.00 - 21.00, juga Sabtu dan Minggu jam 08.00 - 11.00 kemudian jam 15.00 - 21.00. Tiap hari Senin istirahat. Harga tiket pada weekdays adalah Rp. 10.000,00 dan pada akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu sebesar Rp. 15.000,00 per orang.

Bagaimana, mau mencoba naik bus tingkat ini? Silakan berkunjung ke Semarang dan nikmati keindahan Kota Lama Semarang. 
Photo by @pprazzee Priyadi Paripurnawan

Komentar

  1. Ajakin aku yuk mbak, belum sempet naik Semarjawi nih, kudet bener yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ealah...aku baru baca ini....
      Semarjawinya lagi di istirahatkan dulu mbak sekarang....sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matur Sembah Nuwun Gusti

Berburu Sunrise Di Lereng Gunung Ungaran

Kofinary Espresso Bar, Tidak Sekedar Ngopi