Tempe Teriyaki ala Chef Inung Nie.....

Apa menu makan siang Anda hari ini teman-teman blogger....?
Pasti bervariasi ada yang berlauk ayam goreng lalapan, ayam rendang, daging sapi rendang, ikan-ikanan atau tempe goreng...
Sayurnya? sup, sayur asem, ca kangkung, pecel atau tidak pakai sayuran sama sekali? Tergantung selera masing-masing pastinya ya....:D

Kemarin menu makan siang saya tempe teriyaki. Mungkin banyak dari Anda yang sudah biasa makan ayam teriyaki atau sapi teriyaki. Kali ini saya mencoba memasak tempe teriyaki, enak kah...? xixixixi coba memasak sendiri saja yah....

Ini cara memasak saya.....:
Bahan : 
1. Tempe 
2. Bumbu/sauce teriyaki Instant (1 bungkus + 30gr)
3. Bawang merah ( 2 siung ) / Bawang bombay 1/4 siung
4. Garam secukupnya
5. Minyak goreng untuk menumis


Cara memasak:
Tempe seukuran di atas kira-kira ukuran 10 x 28 x 2 cm saya bagi 2. Kok dibagi 2? Karena yang akan makan saya sendiri jadi saya bagi 2 agar tidak terlalu banyak...hehehehe....
Setengah bagian saya simpan, setengah bagian lagi yang saya masak.
Yang akan saya masak, saya iris tipis-tipis kira-kira ukran 2 x 2 x 0.2 cm.
Selesai tempe diiris, letakkan tempe diwadah piring atau mangkuk campur dengan bumbu teriyaki/sauce teriyaki instan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap ke dalan tempe.
Sambil menunggu bumbu meresap siapkan bawang bombay sedikit saja, kalau tidak ada bawang bombay ganti dengan bawang merah 2 siung dan iris tipis.
Siapkan juga penggorengan dan minyak goreng.
Setelah itu tumis irisan bawang merah atau bawang bombay ke dalam penggorengan sampai harum, lalu masukkan tempe yang telah direndam bumbu teriyaki ke dalam wajan dan oseng-osenglah sampai tempe terlihat matang, tambah garam sedikit (sesuai selera) dan penampakannya adalah....jreng...jreng......







Rasanya seperti apa....? hmmmm coba sendiri saja ya.....
Hehehe....

Lauk makan siang saya sudah siap....sayurnya? Ini nih ca brokoli + wortel + sawi sendok...sedapppp banget kan...?




Note :
Jangan sering-sering yah masak dengan bumbu instant apalagi yang mengandung pemanis buatan seperti yang saya pakai ini. Ini saya baru kali ini kok pakai...besok-besok tidak lagi deh...
Apalagi bagi Anda pelaku food combining pasti menghindari dengan sangat kan....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matur Sembah Nuwun Gusti

Kesempatan Besar Mengikuti Gebyar Tahapan BCA

IIDN Semarang dalam Celebrating Journey to Motherhood